SLiMS Portable

Kini, memperoleh program komputer untuk mengelola perpustakaan sekolah sudah semakin lebih mudah. Salah satunya adalah SLiMS. Program komputer karya anak bangsa ini dapat diperoleh secara GRATIS!

Awal tahun 2000-an. Saya masih ingat betul, betapa susahnya mencari program komputer untuk perpustakaan. Maksud saya, program yang gratisan dan mudah digunakan. Waktu itu sudah ada beberapa program dari luar negeri, misalnya: openbiblio dan KOHA. Keduanya berbasis web. Kalau mau dipasang online, maka katalog perpustakaan kita bisa diakses dari mana saja. Selama ada jaringan internet.

Saya sudah lupa. Kapan pertama kali saya memakai SLiMS. Sebagian orang juga menyebut program ini: Senayan. SLiMS sendiri kependekan dari Senayan Library Management System. Meskipun pakai nama Inggris, SLiMS adalah karya asli anak bangsa Indonesia dari tim Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. Tercatat 3 nama koordinator pengembang aplikasi SLiMS, yaitu: Hendro Wicaksono, Arie Nugraha, dan Wardiyono.

Program SLiMS pertama kali dipakai di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lokasinya di kawasan Senayan, Jakarta. Nama lokasi ini seterusnya menempel dan menjadi Senayan Library Management System.

SLiMS dibuat dalam 2 versi: portabel dan non-portabel. Versi portabel dirancang untuk komputer Windows. Versi ini dilengkapi dengan Apache webserver, MySQL dan PHP. Ketiga program ini dibutuhkan buat menjalankan SLiMS dengan web browser (Firefox, Chrome, Internet Explorer).

Versi non-portabel hanya berisi kode-kode sumber (source code) SLiMS. Pengguna harus lebih dulu memasang sendiri webserver, MySQL dan PHP (bisa juga memakai XAMPP). Setelah ketiga program ini terpasang, barulah kode sumber SLiMS disalin ke folder webserver.

Bila Anda suka yang praktis, dan menggunakan komputer Windows, maka silakan gunakan SLiMs portabel. Program SLiMS dapat diunduh langsung dari website resminya. Di situ, Anda juga dapat menemukan kode sumber SLiMS non-portabel.

Tinggalkan Balasan