DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) mulai dirintis Dinas Pendidikan Nasional, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) pada tahun 2006. DAPODIK dibuat untuk mengatasi kendala dan hambatan utama proses perencanaan di lingkungan Dinas Pendidikan pada waktu itu, yaitu tidak ada data kependidikan yang akurat dan mudah diakses.

Meskipun tugas Biro PKLN hanya berlangsung sampai 2011, manfaat dari DAPODIK bisa dirasakan sampai saat ini. Informasi profil sekolah kini tersedia bebas di internet dan dapat diakses publik. Data ini memberikan gambaran umum profil sekolah, misalnya: lokasi sekolah, tanggal pendirian sekolah, sarana dan prasarana, kontak, jumlah murid, jumlah tenaga kependidikan.

Profil sekolah yang ditampilkan di DAPODIK juga dapat digunakan pada halaman Kampanye BagiBuku. Dengan demikian, pembuat Kampanye BagiBuku tidak perlu lagi repot-repot menuliskan profil sekolah. Pihak donor juga dapat langsung melihat profil sekolah yang ada di DAPODIK. Profil sekolah ini akan ditampilkan pada bagian Ringkasan di halaman Kampanye BagiBuku. Tepatnya di bawah foto-foto sekolah dan perpustakaan.

Untuk mengarahkan pengunjung ke profil sekolah, Anda harus tahu lebih dulu alamat tautan (link) sekolah di DAPODIK. Sebagai contoh, berikut ini akan ditunjukkan langkah-langkah untuk mengetahui tautan profil SDN 24 di Pangkalpinang:

  1. Buka halaman utama DAPODIK di peramban Anda. Alamatnya di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah halaman utama terbuka, klik menu Data Pokok. Letaknya di urutan keempat dari kiri. Beberapa pilihan submenu akan muncul di bawahnya.
  3. Klik submenu Data Sekolah; nomor dua dari atas.
    Muncul halaman rekapitulasi data pokok pendidikan berdasarkan provinsi.
  4. Pilih provinsi tempat sekolah Anda.
    Untuk contoh SDN 24 Pangkalpinang, maka Provinsi Bangka Belitung yang dipilih. Selanjutnya, muncul halaman rekapitulasi data pokok pendidikan berdasarkan kabupaten & kotamadya.
  5. Pilih kabupaten/kotamadya yang sesuai.
    Dalam contoh ini, kita pilih Kota Pangkalpinang. Berikutnya, muncul halaman rekapitulasi data pokok pendidikan berdasarkan kecamatan.
  6. Pilih kecamatan yang sesuai.
    Untuk contoh SDN 24 Pangkalpinan, kita pilih Kecamatan Gerunggang. Kemudian, muncul nama-nama sekolah dalam satu kecamatan.
  7. Klik nama sekolah Anda.
    Halaman profil sekolah akan ditampilkan.
  8. Selanjutnya, arahkan pointer ke halaman alamat peramban.
    Blok seluruh alamat yang muncul di situ dan salin/copy alamat tersebut. Untuk contoh SDN 24 Pangkalpinang, alamat tautannya adalah http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/7200BBA2E1D875A30129.

Simpan baik-baik lebih dulu alamat profil sekolah di DAPODIK karena ini akan digunakan saat membuat Kampanye BagiBuku.

Bila masih ada info lebih lanjut yang dibutuhkan, silakan hubungi KupuBuku melalui email maupun WhatsApp. Petunjuk memperoleh alamat tautan profil sekolah di DAPODIK juga dapat dilihat di video ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.