Selama empat harı, 28-31 Januari 2019, KupuBuku menggelar pelatihan Pustakawan HEBAT! Kelas Otomasi Perpustakaan di Pangkalpinang. Pelatihan ini menggunakan program perpustakaan INLIS-lite.

Pelatihan ini bekerja sama dengan ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) Kota Pangkalpinang dan didukung oleh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bersama Asosiasi Alumni Chevening Indonesia. Dukungan dari banyak pihak ini membuat pelatihan Kelas Otomasi Perpustakaan dapat terselenggara GRATIS.

Pelatihan INLIS-lite merupakan kelanjutan dari pelatihan Kelas Dasar yang diselenggarakan selama Oktober – November 2018 di Perpustakaan Kota Pangkalpinang. Para peserta pelatihan Kelas Dasar ingin belajar lebih lanjut tentang otomasi perpustakaan sekolah. ATPUSI Kota Pangkalpinang pernah mengadakan pelatihan INLIS-lite pada bulan Oktober 2018. Namun, para peserta masih belum terlalu menguasainya dan mereka ingin belajar lagi. Itu sebabnya, KupuBuku bersama ATPUSI Pangkalpinang menyelenggarakan lagi pelatihan INLIS-lite, 28-31 Januari 2019.

Pemateri utama pelatihan ini ialah Bang Ari dan Mas Sidik. Pelatihannya berlangsung dari pukul 9 pagi sampai 12 siang, selama empat hari. Materi hari pertama ialah pemasangan INLIS-lite portable di komputer para peserta. Lanjut dengan konfigurasi umum sesuai kondisi perpustakaan sekolah. Hari kedua mempelajari Modul Katalog atau memasukkan data-data buku. Di hari ketiga, para peserta belajar Modul Keanggotaan dan Sirkulasi; memasukkan data-data anggota, melayani peminjaman dan pengembalian koleksi pustaka. Hari keempat menjadi pelatihan pamungkas untuk back up dan restore data, serta melihat Modul Pelaporan.

Sebagian besar peserta pelatihan ini, seperti lazimnya tenaga perpustakaan di banyak sekolah, adalah perempuan. Hanya ada satu peserta laki-laki. Rentang usianya sangat beragam, mulai dari 20-an sampai 40-an tahun. Mereka sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini.

Dari pelatihan ini, ada dua hal menarik yang muncul: (1) kesiapan hardware atau komputer yang dipakai, dan (2) keterampilan tenaga perpustakaan dalam mengoperasikan komputer.

Beberapa laptop yang dibawa peserta tidak dapat digunakan untuk menginstal program INLIS-lite. Penyebabnya: kurang memori, sudah terpasang program webserver lainnya (misal: DAPODIK atau SIMDA-BOS), atau terkena virus.

Keterampilan dasar dalam mengoperasikan komputer, seperti copy-paste file, sangat diperlukan untuk menjalankan program INLIS-lite. Sebagian peserta perlu pendampingan ekstra karena masih belum paham beberapa keterampilan dasar komputer.

Topik back up dan restore data juga dianggap masih membingungkan. Sebagian peserta lupa nama database, sehingga proses restore data jadi terkendala. Topik hari terakhir ini sepertinya masih perlu diulang lagi supaya lebih banyak peserta yang menguasainya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.